Loading...
16 April 2013

Minuman dingin, berbahaya setelah makan !

Tentu kita semua pernah minum minuman dingin dan ditambah lagi dengan gorengan di siang hari maupun malam hari dan tentu rasanya nikmat sekali bukan ! tapi ternyata minum minuman dingin setelah makan itu berbahaya ! mengapa demikian ? dalam ilmu kedokteran, minum minuman yang dingin setelah makan makanan yang berminyak atau berlemak dapat menyebabkan membekunya  makanan berminyak di dalam tubuh dan mempersempit saluran usus di dalam tubuh kita, dengan menyempitnya saluran usus kita maka proses pencernaan di dalam tubuh kita pun terganggu.

Bila lemak-lemak terbentuk dalam usus, ia akan mempersempit saluran pencernaan dan lama kelamaan akan menyebabkan lemak berkumpul sehingga kita semakin gemuk atau menuju ke arah munculnya berbagai penyakit.

Untuk meminimalisir terjadinya penyempitan usus,
  • kurangi minum minuman dingin usai makan baik itu yang berminyak/berlemak maupun yang tidak !
  • biasakanlah minum minuman hangat usai makan ! seperti, air hangat tapi jangan minum teh hangat ataupun the dingin setelah makan karena zat yang ada pada teh dapat menghambar penyerepan zat besi dalam tubuh
  • dan perbanyaklah berolahraga
Dahulu orang-orang Jepang dan China telah membiasakan minum Teh Panas atau Sup Panas usai makan dan bukannya minuman dingin. Ternyata kebiasaan mereka itu dapat mengurangi ataupun menghambat munculnya serangan jantung. Mengapa demikian ?
Hal demikian karena saluran koronernya bisa mengeras dan atau mengkerut sehingga lubang salurannya bisa mengecil yang pada gilirannya dapat menghambat laju dari ke jantung. Oleh karena itu, untuk menghambat proses mengkerut dan mengerasnya saluran koroner, biasakanlah meminum air panas.
Tentang air panas kaitannya dengan “serangan jantung” tentu ada korelasinya. Bagi mereka yang memiliki penyakit jantung koroner berapapun persentase penyumbatannya, akan memudahkan terjadinya serangan jantung apabila terbiasa minum air dingin.
Bagi mereka yang mendapat serangan jantung koroner, ada baiknya minum air panas untuk mengembangkan saluran koronernya memperlancar laju darah, sebelum diambil tindakan medis selanjutnya.

Setiap orang harus mengenali tanda-tanda serangan jantung terutama jantung koroner. Apabila tangan sebelah kiri merasakan sering pegel-pegel mulai dari jari tangan hingga bahu dan kemudian diikuti seringnya kesemutan. Kemudian, rasa sakit di dada sebelah kiri hingga tembus ke punggung. Selanjutnya diikuti rasa pusing, sesak nafas dan berkeringat dingin. Maka gejala-gejala demikian adalah awal atau permulaan serangan jantung. Apabila kita mengenali gejala tersebut, maka segeralah melakukan tindakan yang diantaranya minum air panas, sebelum meminum obat-obat untuk mengencerkan darah seperti Trombo aspilet, ascardia atau palavic.

Terapi saluran koroner dengan air panas yang diminum itu, tentu saja hanya sebagai mencegah berlanjutnya serangan jantung. Jalan yang terbaik untuk mencegah munculnya serangan jantung koroner itu adalah perilaku sehat kita, sebagaimana tips di bawah ini. Melakukan tindakan olah raga secara rutin sesuai dengan porsi usia dan dilakukan secara konsisten. Kalau memungkinkan, dilakukan setiap hari dengan minimal 10 ribu langkah ;
  1. Makanlah yang baik dan halal serta menghindari yang berkadar lemak tinggi seperti pada daging jeroan, bersantan, berminyak (Goreng-gorengan), dan yang mengandung zat kimia (pemanis, pengawet dan pelezat). Hindari merokok. Ini berbahaya;
  2. Hidup bersahaja, bersabar, hidup bersih diri dan lingkungan
  3. Untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah kita, maka biasakan melakukan diet melalui puasa atau mengurangi makanan seperti pada point kedua
  4. Apabila saat ini kita sudah merasakan gejala serangan jantung, maka rajinlah konsultasi dengan dokter
Semakin banyak kita mengenali gejala awal serangan jantung, dan melakukan tindakan-tindakan sebagai point kesatu hingga keenam, maka akan semakin terbuka lebar terhindar dari serangan jantung yang mematikan. Mudah-mudahan kita senantiasa diberikan kesehatan oleh Allah SWT. dan dengan sehat itu, kita bisa beribadah dengan baik dan menjalani kehidupan dengan tenang.

23 komentar:

  1. ooh yang saya pernah dnger minuman dingin bbahaya abis olahraga gan, kren makasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, bahaya juga itu kalau meminum air dingin setelah ber-lahraga !

      Delete
  2. Thanks gan, jadi tau tentang Kesehatan.. kusus nya minum air dingin harus lebih berhati hati.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama - sama ! sering berkunjung kesini yah !

      Delete
  3. Mantap sharing-nya sob,...
    Terus terang, saya masih suka minum es stelah makan. Apa lagi kalau habis maen futsal. Tapi blakangan ini lagi berusaha mengurangi kebiasaan jelek tersebut. Thanks telah sharing,...
    Keep blogging (h)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama ! dan terima kasih atas kunjungan Anda !

      Delete
  4. Sekarang baru tau ane kalau minuman dingin ga cuma buat batuk hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas kunjungannya sob ! mudah-mudahan apa yang saya bagikan bisa bermanfaat buat Anda !

      Delete
  5. Sama seperti di atas,baru tau soal ini.Saya biasa di larang minum karena nanti katanya amandelan ;-(

    ReplyDelete
  6. tapi kalau obat mandel itu, malah disuruh untuk minum/makan yang dingin - dingin loh .. :d

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah di larang + ada tuh makanan yang tdk boleh sering di makan ;((

      Delete
    2. sabar yah sob, mungkin yang melarang lebih mengetahui apa yang lebih baik untuk sobat .. !

      Delete
  7. waduh parah nih, saya sering minum ginian setelah makan [-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada baiknya dihindari, mulai dari sekarang !

      Delete
  8. ane baru tau gan ;(( , kalo ane di Negri Arab ini, setiap abis makan minumnya seven up kadang juga pepsi :( ternyata dapat menyebabkan penyempitan pada usus yah.. hummm jadi ngeri juga abis baca2 artikelnya agan. semoga ane bisa stop deh dari kebiasaan yang membahayakan ini. aamiin.

    thanks yah :)

    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah - mudahan, kebiasaan buruk tersebut bisa dihindari !

      terima kasi atas kunjunganny .. !

      Delete
  9. yang gua tau kalo minum teh panas setelah makan itu bisa menyebabkan keracunan asam pada lambung.. ada sumber sumber di buku kedokteran menyebutkan hal serupa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob memang bahaya juga kalau kita minum teh setelah makan baik itu panas/dingin karena didalam daun teh terdapat zat Tannin dan Catechin yang mengikat zat besi pada makanan yang kita makan, alhasil tubuh tidak dapa menyereap zat besi dan kekurangan, maka akan menyebabkan kurang darah pada tubuh kita .1! bgitu sob

      Delete
  10. makasih infonya.. jadi tau sekarang bahayanya...

    ReplyDelete
  11. bagaimana klo jantung koroner dengan mandi air panas?

    ReplyDelete
  12. terimakasih infonya semoga kita bisa menghindari makanan yang berbahaya.

    ReplyDelete
  13. terimakasih untuk informasinya, gamau minum es ah klo abis makan

    ReplyDelete

Di Mohon Kritik dan Saran yang membangun agar berkembangnya Blog ini
Saran dan Kritik Anda, sangat menentukan nasib Blog ini
Tolong diharapkan jangan memasang link aktif di post komentar, cukup gunakan OpenID

Terima Kasih atas perhatiannya !

 
TOP